Senin, 03 Februari 2020

Produk Kreatif dan Kewirausahaan



Produk kreatif dan kewirausahaan atau biasa disingkat PKK merupakan salah satu mata pelajaran produktif yang terdapat di Sekolah Menengah Kejuruan.

Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Produk kreatif dan kewirausahaan atau PKK terdiri dari dua kata yaitu "Produk Kreatif"
 dan "Kewirausahaan". Produk kreatif mempunyai arti yaitu suatu produk yang dihasilkan dari kreatifitas dan mempunyai inovasi tertentu. Yang mana berarti produk yang dihasilkan haruslah terbilang baru atau pengembangan dari produk sebelumnya. Misalnya ada sebuah produk minuman yang sangat laku dalam penjualannya, lalu kalian kembangkan produk minuman tersebut dengan menambahkan topping yang membuat produk tersebut lebih menarik pembeli dan mengalahkan produk sebelumnya.
Sedangkan kewirausahaan adalah sebuah usaha dengan tujuan untuk memperoleh pendapatan dengan jalan bisnis mandiri. Singkatnya kewirausahaan mempelajari tentang SOFTSKILL.

Jenis dan Macam Produk Kreatif dan Kewirausahaan
1. Sektor Periklanan
Kalian dapat mengiklankan produk yang telah kalian buat agar produk tersebut dikenal oleh banyak orang. Selain itu kalian juga dapat memasukkan iklan pada produk kalian agar mendapatkan profit tambahan misalnya memasang iklan google pada aplikasi atau website kalian.
2. Sektor Desain
Sektor desain merupakan jenis industri kreatif yang terkait dalam pembuatan desain grafis, interior dan produk. Jika kalian sangat mahir dalam mendesain sesuatu maka sektor inilah yang paling cocok untuk kalian. Kalian bisa menerima pesanan dalam mendesain suatu produk dan memasang harga tergantung kesulitan dan kerumitan desain tersebut. Beberapa contoh usaha di sektor desain dalam dunia IT ialah UI/UX Desain dan web desain.
3. Sektor Industri Permainan
Sektor ini berkaitan dengan kreasi permainan dan produksi permainan. Saat ini sektor industri permainan sedang berkembang pesat. Karena banyaknya pengguna yang sangat meminati dan mendukung sektor ini. Selain itu juga banyak orang yang memainkan permainan untuk menghibur diri, menyegarkan pikiran bahkan hingga menjadi sebuah pekerjaan. Beberapa contoh mengenai industri ini ialah industri game mobile maupun console dan masih banyak lagi.
4. Sektor Industri Musik
Sektor ini berkaitan dengan kreasi sebuah musik, komposisi sebuah lagu, menciptakan sampai memproduksi sebuah rekaman. Sektor ini terbilang tak pernah padam karena musik dari dulu hingga sekarang masih atau bahkan akan terus berkembang. Selain itu juga musik banyak sekali jenisnya mulai dari jazz, rock dan lain-lain. Selain dari musik yang diciptakan, si pembuat atau penyanyi musik tersebut akan menjadi terkenal karena musik yang mereka ciptakan atau dinyanyikan. Hal ini merupakan sebuah keuntungan untuk menerima berbagai tawaran dan iklan.
5. Sektor Industri Layanan Komputer dan Perangkat Lunak
Sektor ini berkaitan dengan pengembangan suatu teknologi dan aplikasi yang meliputi layanan komputer, periklanan berbasis internet, desain sistem desain portal termasuk perawatannya. Sektor ini sangatlah besar dan luas sekali pengembangannya. Karena sektor-sektor sebelumnya bisa disatukan dalam sektor ini sehingga kemungkinan untuk berkembangnya sangatlah tinggi. Selain itu, teknologi akan terus berkembang hingga kapanpun.
6. Sektor Industri Pertelevisian
Sektor ini berkaitan dengan membuat sebuah kreasi, proses produksi hingga pengemasan acara televisi. Banyak orang yang menghibur dirinya dengan cara menonton berbagai acara di televisi. Industri Pertelevisian juga saling berkaitan dengan sektor-sektor sebelumnya.

Contoh Produk Kreatif dan Kewirausahaan
1. Web Development
Web development atau web developer adalah seseorang yang berhubungan dengan suatu pengembangan suatu website untuk memenuhi kebutuhan pribadi atau pesanan dari konsumen dan mendapatkan profit dari website yang telah dibuat. Untuk menjadi web developer dibutuhkan kemampuan dalam pemahaman bahasa pemrograman dan logika untuk membangun sebuah website.
2. Startup
Startup adalah sebuah perusahaan yang baru saja dibangun atau dalam masa rintisan namun tidak berlaku untuk semua bidang usaha. Kata startup sendiri lebih dikategorikan untuk perusahaan di bidang teknologi dan informasi. Startup bisanya harus dikembangkan dalam sebuah tim agar startup tersebut dapat berkembang dan maju. Beberapa contoh starup yang sudah maju dan sukses ialah Gojek, Bukalapak, dan masih banyak lagi.
3. Software Developer
Software adalah perangkat lunak yang isinya dari bahasa pemrograman tertentu yang memiliki kesatuan dan nilai serta tujuan tertentu. Softwae developer dituntut untuk bisa membuat sebuah aplikasi sesuai dengan keinginan konsumen dan profit yang didapatkan dari pembuatan aplikasi tidaklah sedikit. Ditambah lagi pengembang aplikasi sedang sangat dibutuhkan saat ini.
4. IT Solution
IT Solution adalah bidang usaha yang bergerak di bidang jasa atau barang yang berkaitan dengan teknologi. IT solution merupakan gabungan dari pekerjaan yang ada di dunia IT Kalian bisa menjual berbagai macam software, website, suku cadang dan masih banyak. Selain itu juga kalian bisa menawarkan jasa seperti jasa service misalnya.
Itu dia beberapa contoh produk kreatif dan kewirausahaan. Sebenarnya masih ada banyak lagi contoh yang ada akan tetapi tidak dapat dituliskan di artikel ini.




0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih